CAVSD | Complete Atrioventricular Septal Defect

Complete Atrioventricular Septal Defect (CAVSD) adalah kelainan jantung bawaan berupa ASD (Atrial Septal Defect) dan VSD (Ventricular Septal Defect) disamping itu mitral dan trikuspid menyatu. Akibatnya, aliran darah bersih di jantung kiri yang semestinya masuk pembuluh utama aorta untuk disebarkan ke seluruh tubuh, sebagian masuk lewat lubang-lubang ini ke jantung kanan dan kembali ke paru bersama darah kotor. Aliran ke paru-paru berlebih, sehingga timbul sesak, ditambah lagi katup yang menyatu biasanya bocor karena tak sempurna waktu menutup.
  1. Penanganannya tak ada jalan lain kecuali operasi, lubang-lubang itu ditutup pakai dacron dan katupnya dipisahkan menjadi katup mitral dan trikuspid.
  2. Tanpa operasi akan terjadi kerusakan pada pembuluh darah paru, sehingga tahanannya akan meningkat dan terjadi kenaikan tekanan pembuluh darah paru (pulmonary hypertension-PH). Biasanya hal ini akan progresif setelah usia 6 bulan, jadi saat operasi yang baik adalah sebelum usia itu.
  3. Biasanya operasi berlangsung satu kali saja, kecuali kalau setelah direparasi katupnya menjadi 2 katup ternyata salah satunya bocor berat, sehingga mengganggu sirkulasi. Dalam kondisi seperti itu mungkin operasi kedua diperlukan.