IABP | Intra-aortic Balloon Pump

IABP (Intra-aortic Balloon Pump) merupakan suatu alat mekanik yang memiliki fungsi meningkatkan perfusi oksigen myocard dan pada saat yang sama juga akan meningkatkan cardiac output. Peningkatan cardiac output ini akan meningkatkan aliran darah koroner yang membawa oksigen menuju myocard.
IABP pertama kali dikenalkan oleh Dr Adrian Kantrowitz tahun 1960an yang bertujuan meningkankan perfusi koroner. Alat ini dikembangkan untuk bedah jantung oleh Dr David Bregman pada 1976.

Indikasi
  1. Sulit weaning dari mesin pintas jantung paru
  2. Syok kardiogenik.
  3. Gagal Jantung.
  4. Infark myocard akut
  5. Refractory unstable angina
  6. Cardiac surgery
  7. Cardiomyopathies
  8. Refractory LV failure
  9. Sepsis
 
Absolute
Relative
Aortic regurgitation
Uncontrolled sepsis
Aortic dissection
Abdominal aortic aneurysm
Chronic end-stage heart disease with no anticipation of recovery
Tachyarrhythmias
Aortic stents
Severe peripheral vascular disease


Major arterial reconstruction surgery
Pompa
Pompa pada IABP terbuat dari bahan polyethylene yang dimasukkan ke aorta melalui arteri femoralis. Pompa tersedia dengan ukuran 2.5 cc - 50 cc. Balon diarahkan menuju arorta descending, sekitar 2 cm arteri subclavian kiri. 
Pada saat diastolik, dimana katup aorta tertutup, balon akan inflasi (mengembang) sehingga meningkatkan perfusi ke koroner. Pada saat sistolik, balon akan mengempis (deflasi), darah yang diejeksikan ventrikel kiri akan meningkatkan cardiac output sekitar 40%. Sehingga dengan adanya bantuan ejeksi dari balon, maka balon menurunkan beban kerja ventrikel kiri dengan menurunkan afterload juga kebutuhan oksigen myocard. Balon mengembang dengan helium. Inflasi balon dapat dipicu oleh EKG, tekanan darah.

Referensi
  1. Texas Heart Institute. Intra-aortic Balloon Pump.Terdapat dalam http://texasheart.org/Research/Devices/iabp.cfm diakses pada tanggal 20 Maret 2013.
  2.  Wikipedia
  3. Mary E. Klingensmith, M.D. The Washington Manual of Surgery. 
  4. Krishna, Murli and Zacharowski, Kai .2009. Principles of Intra-aortic Balloon Pump Counterpulsation.Continuing Education in Anaesthesia, Critical Care & Pain j Volume 9 Number 1 2009. Downloaded from http://ceaccp.oxfordjournals.org/ by guest on March 20, 2013