ECMO | Extracorporeal Membrane Oxygenation

Extracorporeal Membrane Oxygenation atau ECMO merupakan suatu tindakan medis untuk memberikan bantuan pada fungsi jantung dan paru-paru yang mengalami gangguan kronik hingga fungsi dari satu dan atau keduanya dapat pulih.
Ecmo pertama kali digunakan secara sukses pada neonatus dengan gagal napas di tahun 1975. Untuk sekarang Ecmo tidak hanya digunakan pada neonatus, tetapi juga bisa dilakukan pada pediatrik bahkan pasien dewasa dengan gangguan pernapasan dan atau gagal jantung yang tidak respon dengan penggunaan terapi medis /obat-obatan.

Tipe Kanulasi
VA Ecmo
Tipe kanulasi pada Ecmo terdiri dari dua jenis, yakni veno-arterial (VA) dan veno-venous (VV). Kanulasi pada VA Ecmo lebih sering pada vena femoralis sebagai sumber darah yang akan dioksigenasi dan arteri femoralis untuk mengembalikan darah yang teroksigenasi ke sistem.
Ujung kanul vena femoralis harus berada dekat antara vena cava inverior dan atrium kanan dan kanul arteri femoralis berada di arteri iliaka.
Kanulasi pada VV Ecmo, kanul vena digunakan pada vena femoralis kanan sebagai drainase dan vena jugularis interna kanan untuk kembalikan darah teroksigenasi.
Lokasi kanulasi selain femoral dapat juga dilakukan secara central. Akan tetapi hal ini biasanya dilakukan paska bedah jantung.



 Indikasi
VV Ecmo
Beberapa indikasi dilakukan Ecmo diantaranya :
  1. Gagal napas dengan rasio PaO2/FiO2 <100 mmHg sudah termasuk penggunaan ventilator mekanik.
  2. Hipercapnic dengan pH <7.20
  3. Syock Kardiogenik berulang
  4. Cardiac Arrest
  5. Gagal weaning cardiopulmonary Bypass pasca bedah jantung
  6. Menjembatani proses transplantasi jantung atau pemasangan ventricular assist device

 
Sirkuit ECMO

Komplikasi 
Komplikasi Ecmo yang berhubungan dengan tindakan kanulasi seperti pneumothorax, gangguan vaskuler, perdarahan, infeksi, emboli), gangguan yang berhubungan dengan antikoagulasi sistemik seperti perdarahan sistem pencernaan, perdarahan pada intracranial,

Referensi:
ELSO guidelines for ecmo centers
Perfusion.com
Wikipedia
Dell Children's