Perfusionist

Istilah perfusionist merupakan sesuatu istilah yang masih asing terdengar, bahkan untuk di kalangan medis sendiri. Perfusionist merupakan tenaga kesehatan profesional yang tergabung dalam tim bedah jantung. Salah satu tanggung jawabnya selama operasi jantung terbuka adalah mengendalikan mesin pintas jantung paru. Mesin ini berfungsi untuk menggantikan fungsi jantung dan paru selama pelaksaan tindakan operasi jantung.
 Jantung dan paru 'diistirahatkan' dan mesin inilah yang akan mengambil alih tugas mereka. Darah deoksigenasi dari seluruh tubuh ditampung dalam sistem penampung (reservoar) kemudian dipompa dan dioksigenasi oleh oksigenator kemudian dipompa ke sistemik. Dalam hal ini, jantung tetap berada di rongga thorak, tidak dikeluarkan dari tempatnya.
Di Indonesia, yang dapat menjalankan mesin pintas jantung paru baru perawat, dokter (dokter umum, spesialis) dengan terlebih dahulu mengikuti pendidikan khusus pintas jantung paru dimana mereka memiliki pendidikan dasar mengenai dunia medis. 

0 comments: