Tim Bedah Jantung

Bedah jantung merupakan suatu operasi yang berbeda dengan operasi yang lainnya. Karena adanya personal tambahan dalam tim ini, yakni adanya perfusionist. Selama proses operasi, beberapa personal yang terlibat dalam tim bedah jantung yaitu dokter bedah, asisten dokter bedah, cardiologist, perawat bedah, perfusionist, anesthesiologist.
a. Dokter Bedah
Dokter bedah jantung akan melakukan kunjungan pasien terakhir maksimal sehari sebelum dilakukan operasi ketika penjadwalan operasi sudah dilakukan. Dokter bedah akan memeriksa keadaan pasien dan berbagai kelengkapan lainnya. Dokter akan memberikan penjelasan mengenai tindakan operasi yang akan dilakukan, faktor resiko serta berbagai hal lainnya yang perlu diketahui oleh pasien dan keluarga pasien. Setelah itu akan diminta untuk menandatangani lembar persetujuan tindakan operasi dengan disaksikan perawat, dan anggota keluarga serta tim bedah lainnya.
Dokter bedah akan melihat hasil pemeriksaan pendukung lainnya untuk menentukan tindakan operasi yang akan dilakukan. Beberapa pemeriksaan penunjang diantaranya hasil catheterisasi, echokardiografi, hasil laboratorium, EKG, rontgen dan beberapa hasil pemeriksaan penunjang lainnya yang diperlukan.
b. Asisten dokter bedah
Asisten bedah jantung bertugas sebagai asisten dokter spesialis bedah jantung baik itu sebelum operasi, selama operasi ataupun setelah tindakan operasi.
c. Cardiologis
Dokter spesialis jantung Anda adalah dokter yang merawat Anda sebelum operasi dan setelah operasi. Beliau yang akan melakukan berbagai pemeriksaan penunjang berkaitan dengan kondisi Anda.
d. Perawat bedah
Perawat bedah meliputi perawat scrub dan perawat sirkuler yang memiliki tugas sebagai asisten dokter bedah dalam hal menyiapkan semua hal yang dibutuhkan dokter bedah
e. Perfusionis
Seperti yang saya jelaskan di awal, bahwa perbedaan operasi jantung dengan operasi lainnya adalah adanya tenaga profesional lainnya, yakni perfusionist. Perfusionist memiliki tugas sebagai team yang mengenadalikan mesin pintas jantung paru, cell saver dan alat pendukung lainnya.
f. Anestesiologis
Dokter yang satu ini akan membantu Anda tertidur karena obat bius yang diberikan selama tindakan operasi. Tim anastesi akan melakukan pemasangan berbagai alat seperti infus, endotracheal tube (ETT), kateter swan Ganz, dan akses obat yang harus diberikan.

0 comments: